BERRYBENKA
Deskripsi :
Berrybenka
adalah situs online dengan konsep yang mirip dengan departemen store dengan
lebih dari 400 brand. Brand yang dijual mencakup brand lokal dan
internasional dan mengusung tema “one shop place”. Produk yang dijual mulai
dari pakaian, gaun, atasan, bawahan, tas, sepatu, bikini, lingeries bahkan
koleksi anak. Di Berrybenka, tim fashion selalu berdedikasi dalam memilih
produk-produk dengan brand terbaru. Misi berrybenka adalah menjdi perusahaan
yang menyediakan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan. Pelayanan yang baik
adalah prioritas utama. Website berrybenka m.berrybenka.com
Tipe Bisnis :
Berrybenka
adalah e-commerce yang berbentuk B2C (Bisnis to Consumer). Yaitu penjualan
produk atau jasa antara perusahaan dengan konsumen. Penjualan secara eceran
dari perusahaan/badan bisnis langsung ke konsumen akhir dengan sistem
pembayaran secara online menggunakan kartu kredit. Usaha berpromosi dengan
menggunakan penjualan silang antara produsen dengan konsumen atau dengan adanya
potongan harga.
Model Bisnis :
Berrybenka
menggunakan model bisnis e-tailer dengan
tipe virtual merchant.
Value
proposition:
·
Kenyaman berbelanja
online
·
Trusted seller
·
Simple
·
Interface yang menarik
·
Kemudahan dalam mencari
produk (bisa mencari jenis atau merk)
Revenue model (Sumber Pendapatan) :
·
Penjualan produk
·
Iklan
·
Merek yang ditampilkan
sebagai headline di website
DECODEKO
Deskripsi :
Decodeko
adalah sebuah website e-commerce atau took online yang berbasis di Jakarta dan
menjual berbagai macam produk kreatif seperti stiker, totebag, tumbler dan
signage. Sebagai website toko online, Decodeko membutuhkan fitur untuk bisa
langsung berkomunikasi dengan konsumen melalui halaman website. Oleh karena
itu, progressTech melengkapi website Decodeko dengan katalog produk untuk
keperluan belanja konsumen, fitur payment gateway yang akan memudahkan konsumen
dalam melakukan pembayaran hingga ke fitur pengiriman secara online.
ProgressTech kemudian menambahkan fitur notifikasi email baik untuk Admin
Decodeko dan konsumen agar kedua pihak saling mengerti mengenai transaksi yang
sedang berjalan. Pada akhirnya ProgressTech juga membantu Decodeko untuk
rebranding dengan konten yang lebih baru. ProgressTech jga melengkapi website
Decodeko dengan fitur live chat dimana konsumen yang berbelanja bisa langsung
berkomunikasi dengan admin Decodeko saat itu juga. Website Decodeko yaitu
www.decodek.co.id.
Tipe Bisnis :
Tipe
e-commerce yang digunanakan adalah B2C (Bussiness to Consumer) penjualan produk
atau jasa antara perusahaan dengan konsumen. Decodeko juga menerapkan sistem
penjulan offline dengan menjual langsung ke konsumen.
Sumber : https://www.decodeko.co.id/blog/page/10/
JM & SONS
Deskripsi :
Jm
& Sons adalah situs online yang berpusat di Toronto yang mempromosikan
produk-produk seperti furniture. JM & Sons mndesain perabot rumah, kantor
dan ritel yang terbuat dari bahan premium dan kerajinan tangan. Website JM
& Sons adalah http://store.jmandsons.com
Tipe Bisnis :
Tipe
e-commerce yang digunakan adalah B2C (Bussiness To Consumer) Business to
Consumers (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan
konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke
konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan
menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari
konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya
produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak
konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli produk.
(Zandri Gusti Fandra)
KUDO
Deskripsi
:
Adalah
singkatan dari Kios Untuk Dagang Online yang merupakan sebuah perusahaan
teknologi yang menciptakan sebuah platform yang memberikan peluang kepada
jutaan rakyat Indonesia untuk memberikan peluang usaha dengan menjadi reseller
jutaan produk dari berbagai merchant ternama. KUDO didirikan oleh Albert Lucius
dan Agung Nugroho pada bulan Juli 2014. Konsumen bisa membeli atau menjual
barang lewat situs web https://kudo.co.id/
Tipe Bisnis:
Kudo
menerapkan kombinasi model bisnis B2B dengan B2C :
B2B (Business-to-Business) menjual
produknya ke pembeli menengah yang kemudian menjual produk ke konsumen yang
terakhir. B2C (Business-to-Consumer) dimana bisnis ini terjadi antara produsen
yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online melalui
webnya.
Kudo
juga menerapkan model Online-to-Offline (O2O)
Kudo bisa dibilang pionir dalam bisnis
O20 di Indonesia . O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari
saluran online untuk toko fisik. O2O mengidentifiaksikan pelanggan di bidang
online seperti email dan iklan internet. Pada dasarnya layanan mereka ingin
menjembatani antara dunia perdagangan online dan offline. Keamanan adalah salah
satu faktor nya, tidak semua pemilik smartphone merasa aman jika
melakukan transaksi di dunia maya. Disini lah peluang yang dilihat oleh KUDO.
Dengan kurang nya rasa aman, kurang nya pengetahuan tentang teknologi dan
keterbatasan pembayaran dengan kartu, KUDO menawarkan suatu solusi yakni dengan
memperkenalkan nya dengan mereka yang disebut Agen Kudo. Model bisnis yang
diusung Kudo memungkinkan siapa saja menjadi agen atau reseller untuk menjual
berbagai produk dari toko online yang telah jadi mitra Kudo. Agen-agen ini
bakal dibekali komputer tablet dan aplikasi Kudo untuk menawarkan produk
produknya melalui katalog kudo.
Model Bisnis :
Kudo menggunakan model transaction broker
dimana kudo menyediakan mekanisme pembayaran third-party untuk para pembeli dan
penjual untuk menetapkan atau memutuskan sebuah transaksi. Kudo juga
mengumpulkan para penjual dan pembeli dalam satu kesatuan.
Sumber Pendapatan
(Revenue Models) :
Sumber
pendapatan yang diperoleh kudo adalah dari transaction fee. Dimana jika ada
konsumen membeli barang pada penjual atau produsen lewat aplikasi kudo,
aplikasi tersebut mendapatkan fee dari transaksi dari para penjual dan pembeli
tersebut. Sumber pendapatan lain yaitu dari Advertising Revenue dimana Kudo
menarik komisi dari para merchant atau perusahaan e-commerce yang produknya
terpampang di aplikasi Kudo.
Sumber
: https://id.wikipedia.org/wiki/Kudo
REEBONZ
Deskripsi :
Reebonz adalah
platform online untuk membeli dan menjual produk mewah seperti tas mewah,
sepatu, jam tangan dan aksesoris dari perancang terkemuka dan ter baik didunia.
Beberapa nama perancang yang ada yaitu Burberry, Chanel, Gucci, Hermes, dan
Prada. Reebonz berawal dari Singapura dan didirikan Maret 2009 oleh Samuel
Lim, Daniel Lim, dan Benjamin Han. Ketiga pendiri ini kemudian memperluas
bisnisnya ke Indonesia yang di resmikan akhir tahun 2011.
Tipe Bisnis:
Tipe
e-commerce yang digunakan oleh Reebonz adalah B2C, C2C dan Mobile Commerce.
·
Business to Consumers
(B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen,
seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum
secara online. Dalam hal ini Reebonz menjual produk mewah kepada
pelanggan. Anggota bisa berbelanja produk di web yaitu Http://www.reebonz.com atau melalui aplikasi mobile (IOS dan
Android). Web terdiri dari sekitar 100 merek, termasuk merek terkenal yaitu
PRADA, CHANEL, COACH, CUCCI.
·
Consumers to Consumers (C2C) dilakukan antara
konsumen dengan konsumen, yaitu perorangan yang menjual barang atau jasanya
melalui situs market place atau situs jual beli. Reebonz menggunakan tipe
e-commerce C2C untuk mengoperasikan bisnis ini, karena memungkinkan pelanggan
dapat membeli dan juga menjual kembali barang yang telah mereka beli di situs
tersebut selama masih dalam kurun waktu enam bulan terhitung sejak transaksi
pembelian melalui website atau melalui
aplikasi mobile (Android dan iOS). Ada dua cara untuk menjual produk “pre-owned“
yaitu melalui layanan Closet dan White Glove.
Model Bisnis:
Model bisnis yang diterapkan Reebonz adalah
online Retailer dan market creator.
·
Online Retailer
(e-tailer) adalah model bisnis yang memungkinkan pembeli dapat membeli barang
dan jasa langsung dari situs web reebonz melalui catalog yang menampilkan
produk branded para designer sehingga memudahkan pembeli melihat barang yang
dibutuhkanya.
·
Market creator dimana reebonz menyediakan
lingkungan digital dimana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk,
menampilkan produk, menentukan harga produk. dan mengambil keuntungan dari
komisi transaksi. Karena reebonz memungkinkan barang yang sudah dibeli konsumen
untuk dijual kembali di situs webnya untuk dibeli konsumen lain yang tertarik
selama memenuhi syarat yang ditentukan.
Sumber pendapatan :
Sales
revenue reebonz mendapatkan pendapatanya
dari penjualan barang catalognya juga dari transaction fee revenue yaitu berupa
komisi yang dibayarkan pada sesuai volume transaksi, ketika penjual/konsumen
ingin menjual barang dengan menggunakan layanan closet, penjual akan
mendapatkan 90% dari pembayaran terakhir, dan 10% lainnya sebagai komisi untuk
Reebonz.
Sumber
: Http://www.reebonz.com
HONESTBEE
Deskripsi
:
Honestbee
adalah layanan pengiriman kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan rumah tangga
dan bahan makanan terkemuka di Asia yang mulai go publik pada Juli 2015 di Singapura dan didirikan oleh Joel Sng, dan mendapat dukungan
dari perusahaan teknologi di Asia dan Amerika Serikat.. Honestbee yang sebelumnya telah diluncurkan
lebih dulu di Hong Kong dan Taipei, kini hadir di Indonesia dengan menjalin
mitra bersama berbagai toko offline,
seperti Carrefour, Michelle Organic Corners, Stevan Meat Shop, Javara Indigenous,
Jakarta Fruit Market, Meruya Pet Shop, Office 2000, dan masih banyak lagi.
Tipe Bisnis:
Tipe
e-commerce yang digunakan oleh honestbee adalah Business to Consumers (B2C)
yaitu jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti
antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara
online. Dalam hal ini honestbee menjual layanan dimana saat memesan
secara online melalui aplikasinya atau situs webnya https://id.honestbee.com/ , sistem
mengirimkan pemberitahuan pekerjaan kepada pembeli tentang pramugari pilihan
yang paling dekat dengan gerai belanja. Hal ini
dilakukan melalui aplikasi seluler. Petugas
pembelanja akan membelikan semua list pesanan, dan ketika selesai, petugas
pengiriman lain mengambil barang-barang itu dan mengantarkannya ke
pemesan/konsumen. Untuk
memastikan bahwa pembelian benar, petugas pengiriman dan pembelanja
membandingkan nomor pesanan sebelum mengirim barang ke Anda.
Model Bisnis :
Model
bisnis yang diterapkan honestbee adalah Online Retailer (e-tailer) dimana
honestbee melalui web ataupun aplikasinya menampilkan berbagai produk di
catalognya dari produk mitra kerjanya,
seperti Carrefour, Michelle Organic Corners, Stevan Meat Shop, Javara
Indigenous, Jakarta Fruit Market, Meruya Pet Shop, Office 2000, dan masih
banyak lagi sehingga memungkinkan pembeli dapat membeli barang dan jasa
langsung dari aplikasi atau situs webnya https://id.honestbee.com/
dan menunggu pesanannya untuk diantar kerumah dengan bantuan pramugari dan
kurir.
Sumber pendapatan :
Sales/service
revenue mendapatkan pendapatanya dari penjualan layanan yang diberikan kepada
pelangganya dimana jika menggunakan
layanan Honestbee pengguna akan dikenakan dua macam biaya. Pertama, apabila
asisten belanja ingin memberitahukan terkait barang belanjaan yang saat itu
tidak ada atau memiliki beraneka pilihan lantas harus menghubungi pelanggan
lewat telepon dikenakan tarif Rp 10 ribu sedangkan biaya pengiriman barang akan
diberikan biaya Rp 10 ribu
Sumber : https://id.honestbee.com/
(Dita Rochmawati N)
REBEL
8
Deskripsi
:
REBEL
8 adalah sebuah perusahaan pakaian yang didirikan pada tahun 2003 oleh legenda
tattoo, Mike Giant dan juga Joshy D. yang saling bekerjasama sampai sekarang. Rebel
8 ini berbasis di San Fransisco Amerika Serikat dan menjadi sebuah perusahaan
pakaian yang mengusung tema skateboard, graffiti dan juga seni tato dalam
setiap karyanya. Produk-produk yang ditawarkan oleh Rebel 8 kebanyakan asli
menggunakan tulis tangan langsung, tidak banyak yang menggunakan computer dalam
pembuatannya, mungkin hal inilah salahsatu yang menjadi daya tarik tersendiri
dari Rebel 8 dan menjadikannya sebagai perusahaan streetwear premium terbesar di
dunia.
Tipe
Bisnis :
Rebel
8 menggunakan tipe bisnis B2C (Bussiness to Consumer) yaitu tipe bisnis
antara pelaku bisnis dengan konsumen secara langsung. Pihak produsen akan
menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari
konsumen untuk melakukan binis kembali, artinya produsen hanya menjual dan
konsumen sebagai pemakai. Dalam hal tipe bisnis ini Rebel 8 menyediakan
pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui produk-produk yang ia jual
secara online dengan membuka situs https://rebel8.com/collections
Model
Bisnis :
Model
bisnis yang digunakan oleh Rebel 8 adalah E-Tailer merupakan penjualan yang
dilakukan secara online, melalui internet, dimana konsumen dapat melihat
informasi produk yang ditawarkan oleh Rebel 8 melalui catalog secara langsung dan
dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Click
and mortar adalah model dari E-retailing yang dimiliki oleh Rebel 8, yaitu selain
melakukan penjualan secara online, Rebel 8 juga menyediakan lingkungan fisik
dimana pembeli dan penjual dapat bertemu, menampilkan produk, menentukan harga
produk, dan mencari produk secara langsung. Dalam hal ini Rebel 8 menyediakan
toko secara fisik yang berpusat di San Fransisco,California.
Sumber
Pendapatan :
Sumber pendapatan utama Rebel 8 yaitu dari penjualan
produk (Sales Revenue Models). Dalam hal ini, Rebel 8 menjual produk
secara langsung kepada pelanggan. Konsumen dapat melihat dan memilih produk nya
pada katalog dalam situs https://rebel8.com.
SNAPDEAL
Deskripsi
:
Snapdeal
adalah sebuah perusahan e-commerce yang berbasis di New Delhi, India. Didirikan
oleh Indramani Shukla dan Rohit Bansal pada tahun 2010 bulan Februari, pada
saat ini sudah memiliki lebih dari 3 juta
penjual dengan menawarkan 30 juta produk pada 800 kategori. Pada awalnya
snapdeal hanya sebuah platform transaksi harian namun diperluas dan berkembang
menjadi salah satu pasar online terbesar di India yang menawarkan berbagai macam
produk. Snapdeal menjadi sebuah portal belanja online yang dirangcang untuk
membuat platform e-commerce dimana pembeli dapat menemukan barang yang
dibutuhkan mulai dari aksesoris, elektronik, pakaian, rumah, otomotif,
kesehatan, olahraga, buku dll dan yang paling terbaru adalah snapdeal
menyediakan jasa antar uang .Dari berbagai produk baik nasional maupun
internasional yang ditawarkan tersebut snapdeal menyediakan jasa pelayanan
pengiriman langsung dan cepat oleh kurir snapdeal dengan memberikan penawaran,
diskon dan penawaran harian dengan harga miring . Usia rata-rata tenaga kerja
di snapdeal adalah 25 th. Mereka mempunyai value yaitu Inovasi, Perubahan,
Keterbukaan, Kejujuran dan Kepemilikan.
Tipe
Bisnis :
Tipe
bisnis yang dimiliki oleh Snapdeal adalah B2C (Bussiness to Consumer).
Yakni sebuah tipe bisnis yang memungkinkan penjual dan pembeli terlibat secara
langsung tanpa melalui pihak perantara seperti distributor. Dalam hal ini
Snapdeal menjual produk-produk yang ia tawarkan seperti elektronik, pakaian,
rumah, gadget, isi ulang pulsa ponsel, pemesanan taxi, pemesanan makanan,
pemesanan money, pemesanan tiket film dan masih banyak lagi dalam sebuah website
https://m.snapdeal.com atau dengan
mengunduh aplikasi mobile (IOS/Android) Snapdeal yang terdiri dari 65 juta
produk dengan berbagai merek ternama.
Model
Bisnis :
E-Tailer
adalah model bisnis yang digunakan oleh Snapdeal dalam menjalakan bisnisnya. Dimana
Snapdeal menyediakan informasi bagi para konsumennya melalui katalog yang bisa
diakses baik di website https://m.snapdeal.com
maupun di aplikasi nya sehingga para pelanggan dapat memenuhi kebutuhan yang
mereka cari dengan mudah yakni secara online dan barang langsung dikirim ke
tempat pelanggan oleh kurir dari Snapdeal. Click and click reatilers adalah
model E-ratilings yang dimiliki oleh Snapdeal. Yakni sebuah perusahaan yang
menjual produknya hanya secara online melalui website.
Sumber
Pendapatan :
Sumber
pendapatan utama Snapdeal sebagai marketplace adalah dari Transaction Fee,
Advertising Revenue dan Subscription Revenue. Transaction fee didapat dari
komisi antara transaksi dari penjual yang terdaftar di Snapdeal dengan
konsumennya. Yakni 10% komisi untuk snapdeal. Advertising Revenue didapat dari
iklan yang dilakukan oleh para penjual yang mejadi bagian dari snapdeal
sehingga perusahaan yang mengiklankan produk mereka membayar atas iklannya
kepada snapdeal. Sedangkan Subscription revenue didapat dari penyediaan service
kepada konsumen untuk bisa mendaptkan informasi seperti laporan konsumen,
online newspaper, dan online magazine dalam Magazine Rack Snapdeal.
TAOBAO
Deskripsi
:
Taobao
adalah salah satu situs belanja online terbesar di Cina dengan ribuan toko yang
berjualan didalamnya. Situs ini didirikan oleh Alibaba Group pada Mei 2003
setelah Ebay membeli Eachnet. Taobao dibagi menjadi 3 perusahaan yang berbeda
yaitu eTao, Taobao Mall (Tmall), dan Taobao Marketplace.Hampir segala jenis
barang bisa kita temukan di Taobao seperti pakaian, elektronik, keperluan rumah
tangga dll. Dari sisi hargapun sangat terjangkau. Taobao mengedepankan budaya
lokal yang kuat yang mencerminkan pemahaman yang mendalam mengenai konsumen
lokal Cina. Taobao menyediakan fasilitas bagi produsen lokal di Cina untuk
merambah pasar internasional. Perusahaan ini juga berperan sebagai produsen dan
konsumen. Taobao hanya tersedia dalam bahasa mandarin, hal ini menyebabkan
beberapa orang kesulitan menggunakan Taobao namun juga mempunyai keunikan
tersendiri yang menjadikan Taobao menjadi no. satu di Cina dan dapat
mengalahkan eBay.
Tipe
Bisnis :
Consumer
to Consumer (C2C) adalah tipe bisnis yang digunakan oleh Taobao. Marketplace
yang berbasis di Cina ini sebagai penyedia platform untuk usaha kecil dan
pengusaha individu untuk membuka toko online yang terutama melayani konsume
Cina seperti (Dataran Cina, Hongkong, Macau dan Taiwan) dan juga di luar
negeri. Dengan sekitar 1250 juta daftar produk, Taobao menjadi situs paling
populer di Cina. Konsumen dapat langsung melakukan transaksi menggunakan Taobao
dengan mengakses situs https://m.taobao.com
atau dengan mengunduh aplikasi Taobao.
Model
Bisnis :
Model
bisnis yang digunakan Taobao adalah Transaction Broker yakni model bisnis yang
berguna menghubungkan penjual dengan pembeli dengan memfasilitasi proses
transaksi antara produsen dan konsumen. Disini Taobao mengambil posisi sebagai
broker / agen untuk pasar yang lebih besar dengan menyediakan pembayaran
Thrid-party melalui Alipay untuk para pembeli dan penjual dalam memutuskan
sebuah transaksi. Dalam hal ini broker menarik biaya atau komisi berdasarkan
dari nilai transaksi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan yang telah
didiskusikan sebelumnya. Dengan kata lain pembeli dapat mengamati berbagai
tarif dan syarat pembelian, namun tetap aktivitas bisnis utamanya adalah
memfasilitasi transaksi. Dan untuk produk-produk yang ditawarkan, dapat diakses
di situs https://m.taobao.com atau dengan
mengunduh aplikasi Taobao.
Sumber
Pendapatan :
Sumber pendapatan utama Taobao adalah dari
Transaction fee, Advertising Revenue dan layanan penjual premium. Transaction
fee didapat dari komisi dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna
Taobao yaitu antara penjual dan pembeli. Advertising revenue didapat dari
pembayaran iklan yang dilakukan oleh pengguna Taobao (penjual) yang
mengiklankan produknya. Dan layanan penjual premium, maksudnya adalah bagi para
penjual yang terdaftar di Taobao dapat meng-upgrade statusnya menjadi penjual
premium dengan membayar fee yang telah ditentukan yang nantinya penjual
tersebut mendapatkan peringkat dan review yang terpercaya.
UGMONK
Deskripsi :
Ugmonk adalah sebuah bisnis online yang menciptakan merek
yang berfokus pada desain yang dimulai tujuh tahun yang lalu oleh pendiri dan perancang Jeff
Sheldon. Mereka memulai dengan empat desain t-shirt dan sejak itu berkembang menjadi
merek multi-produk.
Tipe
Bisnis:
Ugmonk menggunakan tipe business to consumer
dimana perusahaan tersebut menjual produknya terhadap konsumen secara online
dengan membuka situs web https://shop.ugmonk.com
Model Bisnis :
E-tailer adalah model yang digunakan ugmonk yang menjual produk fisik
atau jasa secara online yang memaparkan catalog produk pada halaman website
ugmonk tersebut.
Sumber Pendapatan (Revenue Models) :
Sumber pendapatan yang diperoleh adalah dari hasil
penjualan produk yang dijual secara online kepada konsumen.
Sumber : Ugmonk.com
TMALL (Taobao Mall)
Deskripsi :
Didirikan oleh Alibaba Group pada
tanggal 10 Mei 2003, dengan sekitar 760 juta
daftar produk mulai Maret 2013, Taobao Marketplace adalah salah satu dari 10
situs web paling banyak dikunjungi di dunia menurut Alexa. Penjual dapat memposting barang untuk dijual baik
melalui harga tetap maupun lelang. Lelang membuat sebagian kecil dari
transaksi. Mayoritas produk tersebut adalah barang dagangan baru yang dijual
dengan harga tetap. Pembeli dapat menilai latar belakang penjual dengan
informasi yang tersedia di situs, termasuk penilaian, komentar dan keluhan.
Tipe Bisnis:
Taobao Marketplace memfasilitasi
ritel konsumen ke konsumen (C2C) dengan menyediakan platform bagi usaha kecil
dan pengusaha perorangan untuk membuka toko online yang terutama melayani
konsumen di wilayah berbahasa China (China Daratan, Hong Kong, Macau dan
Taiwan) dan juga di luar negeri.
Model bisnis :
Menggunakan model transaction broker dimana
model ini berguna untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli dengan
memberikan fasilitas proses transaksi produsen dan konsumen.
Sumber Pendapatan (Revenue Models) :
TMall menarik biaya deposit,
biaya tahunan, dan komisi untuk setiap transaksi dari masing-masing merchant. Dan melalui iklan dari
berbagai macam produk dan produsen yang berbeda dan ditayangkan sebagai iklan
pada halaman website Tmall tersebut.
Sumber
: https://en.wikipedia.org/wiki/Taobao
TARGET
Deskripsi :
Situs belanja online yang
berpusat di Minneapolis Minnesota United States ini sama seperti toko online
lainnya. Target.com menawarkan bermacam-macam produk, mulai dari barang-barang
elektronik, alat-alat perlengkapan hobi, aksesoris dsb.
Tipe Bisnis:
Target.com
menggunakan tipe bisnis B2C atau business to consumer adalah jenis e-commerce
antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel dari
e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional. Jenis
ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata
atau bahkan bisa terhenti. Jenis e-commerce ini berkembang dengan sangat cepat
karena adanya dukungan munculnya website serta banyaknya toko virtual bahkan
mal di internet yang menjual beragam kebutuhan masyarakat.
Model Bisnis :
Modelnya menggunakan
E-tailer dengan mengkombinasikan proses transaksi dan pembayaran secara online
dan didalamnya terdapat catalog untuk memudahkan konsumen menemukan dan memilih
barang yang dicari atau yang sedang dibutuhkan.
Sumber Pendapatan :
Target.com menggunakan
advertising revenue model dimana revenue model tersebut menyediakan pemakai dengan informasi atas
jasa dan produk dan menyediakan suatu kesempatan untuk para penyalur untuk
mengiklankan.
Sumber : Target.com
(Grahfita Rahma A)
Tugas Kelompok 5 :
Zandri Gusti
Fandra
(C1C015010)
Dita Rochmawati
N.
(C1C015049)
Pamelia
Nafisah
(C1C015058)
Grahfita Rahma
A.
(C1C015061)
شركة نقل اثاث بالمدينة المنورة
BalasHapusشركة تنظيف بالمدينة المنورة
شركة مكافحة حشرات بالمدينة المنورة
شركة تنظيف خزانات بالمدينة المنورة
شركة تنظيف بينبع
شركة نقل اثاث بينبع