Langsung ke konten utama

Cloud Computing PT. Telkom (Telkomcloud)

Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaSWeb 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah webdengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Berikut macam macam Layanan Komputasi Awan :
1.         Infrastructure as a Service (IaaS)
Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

      2.         Platform as a Service (PaaS)
Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.
      
      3.         Software as a Service (SaaS)
Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud. 



Mengapa harus TelkomCloud ?
         Karena Server berada dalam jaringan Telkom à akses lebih cepat
         Dapat digabungkan dengan layanan connectivity dari Telkom (VPN IP, Speedy, Astinet, dll)

§  Data Center Telkom
PT. Telekomunikasi Indonesia atau PT. Telkom telah bekerja sama dengan Microsoft dalam hal teknologi cloud computing. Layanan ini dapat membuat perusahaan dengan cepat dan mudah meningkatkan kapasitas penyimpanan, karena didapat secara virtual. Solusi yang dikembangkan oleh PT.Telkom dan Microsoft hadir dalam bentuk Microsoft Windows Exchange dan Office Communications Server Hosted dimana merupakan salah satu jalan untuk membantu bisnis di Indonesia mengadopsi teknologi cloud computing dengan biaya relatif murah. Pihak Microsoft dan PT. Telkom sepakat untuk mengembangkan bisnis cloud computing melalui :
1.      Infrastructure as a Service (IAAS)
Layanan TelkomCloud IaaS merupakan bagian dari layanan cloud computing Telkom yang memungkinkan pelanggan mendapatkan sumber daya komputasi (compute) dan penyimpanan data (storage) melalui jaringan Internet maupun private WAN.
Dengan menggunakan sumber daya compute dan storage tersebut, pelanggan dapat menjalankan aplikasi yang dimilikinya tanpa perlu memikirkan penyediaan hardware maupun fasilitas data center. Hal ini dapat memberikan keuntungan antara lain berupa kemampuan pelanggan untuk menangkap peluang bisnis lebih cepat (faster time-to-market), meningkatkan fokus pada core business maupun efisiensi biaya dalam penggunaan sistem teknologi informasi.

2.      Virtual Server
Telkom(VPS) Paket Virtualized Server : merupakan Layanan Virtual Server dengan Operating System (OS) Windows Server 2008 R2 yang dapat anda gunakan dengan bebas dengan metode pembayaran perbulan tanpa memerlukan investasi baik dari sisi hardware server dan lisensi. Broadband + virtual Dedicated Server, sebuah bentuk IaaS. Teknologi VPS (Virtual Private Servers), memungkinkan sebuah perusahaan dapat berbagi biaya server dengan pelanggan yang lain dengan tetap memegang kendali penuh terhadap aplikasi mereka. VPS berjalan pada web server dan memberikan akses dengan privasi penuh dan bandwidth yang terjamin, CPU dan ruang disk.



Berikut beberapa Vitur dari VPS diantaranya adalah :
  •          Sistem Operasi Windows Server 2008 R2 (include)
  •          Kemampuan reboot secara independen
  •          Dapat di-manage dengan remote dekstop
  •          Mempunyai aplikasi – aplikasi & file system sendiri
  •          Berfungsi selayaknya dedicated server
  •          System redundant untuk meningkatkan availability
  •          Dedicated Static Public IP Address
  •          Kapasitas bandwidth kecepatan tinggi

 Berikut Macam-macam Paket Layanan VPS :


     TelkomCloud Server atau vMachine adalah layanan virtual server yang diberikan dalam bentuk virtual machine (vMachine) dengan konfigurasi CPU dan RAM yang tertentu (fixed configuration) serta kapasitas storage yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan (expandable).

Keunggulan TelkomCloud Server :
  • Solusi menyeluruh untuk kebutuhan Anda akan produksi, pengembangan, pengujian, disaster recovery, backup dan penyimpanan berkas
  • SLA 99%
  • Termasuk 1 Public IP
  • Termasuk Koneksi InternetIIX 350 Mbps, Int’l 350 Mbps (Maksimum)
  • Dua minggu waktu uji coba sebelum membeli (Start up Configuration)
  • Retensi Data selama 3 hari
3.      Software as a Service (SAAS)
            Software as aService (SaaS) adalah suatu model penyampaian aplikasi perangkat lunak dimana pelanggan membayar untuk mengakses dan menggunakan aplikasi yang dioperasikan (baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga) untuk digunakan oleh pelanggannya melalui Internet. TelkomCloud SaaS adalah solusi terintegrasi yang menyediakan layanan aplikasi serta infrastruktur IT melalui cloud. Dapatkan pelayanan sempurna dengan menggunakan aplikasi dan infrastruktur yang membantu perusahaan Anda dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.

 SaaS Telkomcloud terdiri dari :
·    e-Mail (Zimbra) : bukan sekedar e-Mail, namun juga social Collaboration Tool. Email Zimbra adalah layanan email yang didukung oleh teknologi virtualisasi VMWARE. Teknologi ini adalah solusi untuk server email dan kolaborasi (groupware), yang memberikan server solusi email yang luar biasa, pembuatan jadwal dan kalendar grup, manajemen tempat penyimpanan data kontak dan dokumen melalui web. Fitur e-Mail Zimbra :
Address Book
Mempermudah pencatatan kontak dan berbagi dengan orang lain

Calendar
Informasi tentang jadwal yang juga dapat diakses melalui perangkat bergerak

Task               
Alat untuk menciptakan Tugas, Pekerjaan, alat pelacak kemajuan suatu pekerjaan, dengan kemampuan menyisipkan berkas untuk membantu pekerjaan

Zimplet
Memperlihatkan informasi tambahan, memungkinkan Anda menambahkan informasi tanpa membuka browser

Briefcase
Memungkinkan Anda dengan cepat berbagi dokumen melalui email

Google Map
Mempercepat dan mempermudah pencarian lokasi

  •    e-Project (Transformer) :
            Fitur e-Project :
Project Management Tools
TelkomCloud e-Project memungkinkan Anda untuk memonitor secara online proyek-proyek dengan similarity measure dan standar pelaporan. Melalui e-Project, Anda juga dapat mengelola dan berkolaborasi dengan divisi-divisi lain dan/atau pihak-pihak luar secara real time.

Social Networking Tools
Alat Enterprise Social Networking memberi sarana untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai jabatan dan divisi di perusahaan Anda setiap saat tanpa batasan.

Communication Tools
Alat komunikasi E-Projects menghubungkan semua pihak dan bagian dalam perusahaan Anda yang terlibat dalam berbagai proyek melalui komunikasi audio dan video. Dirancang untuk mengurangi kesalahan pemberian informasi, alat komunikasi e-Project ini  memungkinkan semua pihak untuk berbagi gagasan secara real time.

  •    e-Official Memo : e-Official Memo memberi suatu sistem untuk melakukan otomasi seluruh      proses penulisan surat dan memo, pemberkasan, dan pemantauan dalam organisasi.
Fitur e-Official Memo :
Outgoing Mail module
Membantu menyusun naskah, merevisi dan menyetujui versi terakhir suatu surat hingga pemberian nomor, pengiriman dan pemberkasan surat dalam waktu kurang dari 5 menit.

Incoming Mail and Disposition module
Membantu menangani sura-surat masuk dan keluar dengan secara otomatis melakukan pemberkasan atas surat surat yang masuk dan keluar ke dalam folder yang sesuai.

Archive and Agenda module
Memberi sebuah kabinet penyimpanan berkas elektronik yang membantu dalam menyimpan surat sesuai dengan kategorinya.

Secretary/Personal Assistance Module
Membantu me-review surat-surat yang masuk.

Delegation module
Membantu mengirimkan surat ke orang-orang yang bertanggung jawab ketika  berada di luar kantor.

  • M-Forces : Sistem Sales Force Automation (SFA), yang menggunakan perangkat mobile di Cloud.
            Fitur M-Forces :
Mobile Task Assignment
Memberikan tugas dan arahan secara instan kepada pegawai di lapangan, M-Force adalah alat pemasaran, penjualan dan distribusi yang hebat, yang mampu melancarkan pemantauan atas pegawai yang bergerak di lapangan dan membantu distribusi dan perintah pengiriman.

Route Management
Berfungsi sebagai pemandu untuk pegawai Anda yang bergerak di lapangan dalam menentukan arah kendaraan dan memberikan saran mengenai perjalanan.

Route Tracking
Memberikan informasi kepada manajemen mengenai pergerakan para pegawai di lapangan.

Data Management
Menyuguhkan data yang dibutuhkan oleh pegawai yang bergerak di manapun, misalnya mengenai informasi tentang mitra dan pelanggan, atau informasi tentang penyimpanan dan pendistribusian.

Information Tools
Memberi informasi yang cepat kepada pegawai di lapangan antara lain tentang keadaan lalu-lintas, transaksi, produk, yang semuanya dapat dibagikan dan dikolaborasikan di antara pegawai yang berada di lapangan.

Reporting Tools & Business Intelligent
Memberikan intelijen tentang kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pegawai di lapangan, yang dapat digunakan sebagai pelaporan dan analisa informasi untuk manajemen.

  •  e-Collaboration : Perusahaan dan Pegawai ingin bekerja di manapun, kapanpun dan pada  perangkat apapun. Memungkinkan kolaborasi untuk penuntasan pekerjaan

Paket yang ditawarkan Telkomcloud :
Paket Communication dan Collaboration : merupakan Solusi komunikasi terintegrasi yang menggabungkan antara Email, Chatting, Video Conference, VoIP, Audio Conference dan Sharing Desktop serta portal dokumen dengan metode pembayaran perbulan tanpa memerlukan investasi baik dari sisi hardware server dan lisensi. Broadband + Exchange + OCS, sebuah bentuk SaaS yang memberikan fitur teknologi microsoft united communication tanpa harus di install.  Hosted OCS menawarkan : instant messaging dan presence, email dan united messaging, peer-to-peer voice dan video, desktop sharing di microsoft office, communication 207 R2, web-based IM, email, presence dan desktop sharing.
Fitur e-collaboration

Paket Layanan TelkomCollaboration

TEKNOLOGI TELKOMCLOUD
         Data Center : Gubeng Surabaya (Telkom Data Center)
         Jaringan IIX dan Internasional 100 Mbps (shared)
         Hardware Server :
  HP Blade Server C7000 Telco Grade
  HP BL460 & BL680 (Dual Processor 4 Core & Quad Processor 4 Core)
  Hitachi SAN Disk
Macam –macam teknologi TelkomCloud :
  • Window Server 2008 R2
  • Microsoft Exchange Server
  • Microsoft Forefront
  • Microsoft SQLServer
  • Microsoft share point
  • Microsoft communication server2007 R2
  • Microsoft v-hyper server
Sistem Keamanan TELKOMCLOUD
       Teknologi SSL (Secure Socket Layer) dengan digital certificate resmi “Digicert” 256 bit          (dikenal secara default oleh Browser).
        Microsoft Server Firewall 2008
        MS Forefront Threat Management gateway 2010
        MS Forefront Anti Spam 2010
        MS Forefront Anti Virus 2010
        Konfigurasi dua area: Internal dan DMZ (Demiliterized Zone) yang memisahkan data               secara internal dengan akses only melalui firewall

Tugas Kelompok  5 :
Zandri Gusti Fandra                           (C1C015010)
Dita Rochmawati N.                           (C1C015049)
Pamelia Nafisah                                  (C1C015058)
Grahfita Rahma A.                             (C1C015061)

Komentar

  1. Ligasuper88 Pusat Taruhan Online Terpercaya!!

    Promo Spesial :
    » New Member Sportsbook 30%
    » New Member Live Casino 30%
    » New Member Slot Online 50%
    » Cashback Sportsbook 10%
    » Rollingan Live Casino 1%
    » Rollingan Slot Online 1%
    » Bonus Referal 2%

    Permainan Tersedia :
    » Sbobet Sportsbook
    » Sbobet Casino
    » Sbobet Toto Draw
    » Ibcbet/Maxbet
    » Sabung Ayam
    » Tembak Ikan
    » Slot Pragmatic Play
    » Slot Habanero
    » Slot Spadegaming
    » Slot Joker
    » Slot Microgaming
    » Slot Toptrend
    » WM Casino
    » Sexy Bacccarat
    » Ebet Casino

    Support Bank Ligasuper88 :
    BCA >MANDIRI >DANA >BNI >BRI > GO PAY > OVO > PANIN > ATM BERSAMA

    Daftar & Jutawan Sekarang Juga !
    Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Whatsaap 1 : +85561375501
    » Whatsaap 2 : 081315849567
    » Line : Ligasuper88
    » Link 1 : www.ligasuper88.org
    » Link 2 : www.impiansukses.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN : CHAPTER 5

INFRASTRUKTUR TI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI v   INFRASTRUKTUR TI Infrastruktur teknologi informasi (TI) didefinisikan sebagai berbagai sumber daya teknologi yang menyediakan platform bagi aplikasi (penerapan) system informasi spesifik bagi perusahaan. Infrastruktur dalam TI meliputi investasi dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan seperti konsultasi, pendidikan, dan pelatihan dalam perusahaan. Infrastruktur TI juga merupakan rangkaian dari layanan keseluruhan perusahaan yang dianggarkan oleh manajemen serta terdiri atas kapabilitas manusia dan teknis. Hubungan diantara Perusahaan, Infrastruktur TI,dan Kapabilitas Bisnis “Layanan perusahaan merupakan kemampuan untuk menyediakan kepada pelanggan, pemasok dan juga karyawan yang memiliki fungsi secara langsung terhadap infrastruktur TI nya yang mendukung bisnis dan strategi sistem informasi perusahaan” ·       Jasa telekomunikasi menyediakan konektivitas data, suara, dan video kepada karyawan, pelanggan

PERBEDAAN GENERAL CONTROL VS APPLICATION CONTROL

1.        Pengendalian Aplikasi Pengendalian aplikasi (application controls) adalah sistem pengendalian intern komputer yang berkaitan dengan pekerjaan atau kegiatan tertentu yang telah ditentukan (setiap aplikasi berbeda karateristik dan kebutuhan pengendaliannya).  Pengendalian aplikasi atau application control adalah pengendalian dalam hal pekerjaan pekerjaan yang dilakukan dalam suatu proses pengolahan data sehingga akan berhubungan dengan ketelitian dan kelengkapan data yang di proses melalui aplikasi tertentu (Mulyadi 2001) Misalnya komputerisasi kepegawaian tentu berbeda resiko dan kebutuhan pengendaliannya dengan sistem komputerisasi penjualan, apalagi bila sistem penjualan tersebut didesain web-based atau E-Commerce. Tujuan pengendalian aplikasi dimaksudkan untuk memastikan bahwa data di-input secara benar ke dalam aplikasi, diproses secara benar, dan terdapat pengendalian yang memadai atas output yang dihasilkan. Pengendalian Aplikasi Terdiri Dari : 1.)   

Perbedaan Financial Statement dan Financial Report

v   Perbedaan Financial Statement dan Financial Report             Di dunia akuntansi ada istilah Financial Report (Pelaporan Keuangan) dan Financial Statement (Laporan Keuangan). Meskipun dari segi kata tidak jauh beda namun ternyata kedua istilah tersebut berbeda dalam penggunaanya. Adapun perbedaan dari Financial Report (Pelaporan Keuangan) dan Financial Statement (Laporan Keuangan) adalah sebagai berikut :       Financial Statement Mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu perusahaan sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut. Dimana kondisi keuangan suatu perusahaan tercermin dalam laporan keuangannya. Financial statement (laporan keuangan) merupakan o utput dari akuntansi. ü   Pengertian Financial Statement ( Laporan Keuangan) Laporan keuangan adalah ringkasan dari proses akutansi selama tahun buku  yang bersangkutan yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan den