Cloud computing adalah gabungan
pemanfaatan teknologi
komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis
internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari
internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer,
awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari
infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda
komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi
informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga
pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam
awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya,
atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
Komputasi awan adalah suatu konsep
umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain
yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet
untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan
aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah webdengan perangkat lunak dan data yang tersimpan
di server. Berikut macam
macam Layanan Komputasi Awan :
Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi
awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan
konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer
virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai
kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer
fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa
diubah sesuai kebutuhan. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2,
TelkomCloud dan BizNetCloud.
2. Platform as a Service (PaaS)
Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan
computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web
server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah
dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab
dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi
pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa
memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia
layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.
3. Software as a Service (SaaS)
Software as
a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan
aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan
platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email
yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah
twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna
tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya
membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga
aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses
aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.
Mengapa harus TelkomCloud ?
•
Karena Server berada
dalam jaringan Telkom à akses lebih cepat
•
Dapat
digabungkan dengan layanan connectivity dari Telkom (VPN IP, Speedy,
Astinet, dll)
§
Data
Center Telkom
PT. Telekomunikasi Indonesia atau PT. Telkom telah
bekerja sama dengan Microsoft dalam hal teknologi cloud computing. Layanan ini
dapat membuat perusahaan dengan cepat dan mudah meningkatkan kapasitas
penyimpanan, karena didapat secara virtual. Solusi yang dikembangkan oleh
PT.Telkom dan Microsoft hadir dalam bentuk Microsoft Windows Exchange dan
Office Communications Server Hosted dimana merupakan salah satu jalan untuk
membantu bisnis di Indonesia mengadopsi teknologi cloud computing dengan biaya
relatif murah. Pihak Microsoft dan PT. Telkom sepakat untuk mengembangkan
bisnis cloud computing melalui :
1.
Infrastructure as a Service (IAAS)
Layanan TelkomCloud IaaS merupakan bagian dari layanan
cloud computing Telkom yang memungkinkan pelanggan mendapatkan sumber daya
komputasi (compute) dan penyimpanan data (storage) melalui jaringan Internet
maupun private WAN.
Dengan menggunakan sumber daya compute dan storage
tersebut, pelanggan dapat menjalankan aplikasi yang dimilikinya tanpa perlu
memikirkan penyediaan hardware maupun fasilitas data center. Hal ini dapat
memberikan keuntungan antara lain berupa kemampuan pelanggan untuk menangkap
peluang bisnis lebih cepat (faster time-to-market), meningkatkan fokus pada
core business maupun efisiensi biaya dalam penggunaan sistem teknologi
informasi.
2. Virtual
Server
Telkom(VPS)
Paket Virtualized Server : merupakan Layanan Virtual Server dengan Operating
System (OS) Windows Server 2008 R2 yang dapat anda gunakan dengan bebas dengan metode
pembayaran perbulan tanpa memerlukan investasi baik dari sisi hardware server
dan lisensi. Broadband + virtual Dedicated Server, sebuah bentuk IaaS.
Teknologi VPS (Virtual Private Servers), memungkinkan sebuah perusahaan dapat
berbagi biaya server dengan pelanggan yang lain dengan tetap memegang kendali
penuh terhadap aplikasi mereka. VPS berjalan pada web server dan memberikan
akses dengan privasi penuh dan bandwidth yang terjamin, CPU dan ruang disk.
Berikut beberapa Vitur dari VPS diantaranya adalah :
- Sistem Operasi Windows Server 2008 R2 (include)
- Kemampuan reboot secara independen
- Dapat di-manage dengan remote dekstop
- Mempunyai aplikasi – aplikasi & file system sendiri
- Berfungsi selayaknya dedicated server
- System redundant untuk meningkatkan availability
- Dedicated Static Public IP Address
- Kapasitas bandwidth kecepatan tinggi
Berikut Macam-macam
Paket Layanan VPS :
TelkomCloud
Server atau vMachine adalah layanan virtual server yang diberikan dalam bentuk
virtual machine (vMachine) dengan konfigurasi CPU dan RAM yang tertentu (fixed
configuration) serta kapasitas storage yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan
(expandable).
Keunggulan TelkomCloud
Server :
- Solusi menyeluruh untuk kebutuhan Anda akan produksi, pengembangan, pengujian, disaster recovery, backup dan penyimpanan berkas
- SLA 99%
- Termasuk 1 Public IP
- Termasuk Koneksi InternetIIX 350 Mbps, Int’l 350 Mbps (Maksimum)
- Dua minggu waktu uji coba sebelum membeli (Start up Configuration)
- Retensi Data selama 3 hari
3. Software as a Service
(SAAS)
Software as aService (SaaS) adalah suatu model penyampaian aplikasi perangkat
lunak dimana pelanggan membayar untuk mengakses dan menggunakan aplikasi yang
dioperasikan (baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga) untuk digunakan
oleh pelanggannya melalui Internet. TelkomCloud SaaS adalah solusi terintegrasi
yang menyediakan layanan aplikasi serta infrastruktur IT melalui cloud.
Dapatkan pelayanan sempurna dengan menggunakan aplikasi dan infrastruktur yang
membantu perusahaan Anda dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.
SaaS
Telkomcloud terdiri dari :
· e-Mail (Zimbra)
: bukan sekedar e-Mail, namun juga social Collaboration Tool. Email Zimbra adalah layanan email yang didukung
oleh teknologi virtualisasi VMWARE. Teknologi ini adalah solusi untuk server
email dan kolaborasi (groupware), yang memberikan server solusi email yang luar
biasa, pembuatan jadwal dan kalendar grup, manajemen tempat penyimpanan data
kontak dan dokumen melalui web. Fitur e-Mail Zimbra :
Address Book
Mempermudah pencatatan kontak dan berbagi dengan
orang lain
Calendar
Informasi tentang jadwal yang juga dapat diakses
melalui perangkat bergerak
Task
Alat untuk menciptakan Tugas, Pekerjaan, alat
pelacak kemajuan suatu pekerjaan, dengan kemampuan menyisipkan berkas untuk
membantu pekerjaan
Zimplet
Memperlihatkan informasi tambahan, memungkinkan Anda
menambahkan informasi tanpa membuka browser
Briefcase
Memungkinkan Anda dengan cepat berbagi dokumen
melalui email
Google Map
Mempercepat dan mempermudah pencarian
lokasi
- e-Project (Transformer) :
Fitur e-Project :
Project
Management Tools
TelkomCloud e-Project memungkinkan Anda untuk
memonitor secara online proyek-proyek dengan similarity measure dan
standar pelaporan. Melalui e-Project, Anda juga dapat mengelola dan
berkolaborasi dengan divisi-divisi lain dan/atau pihak-pihak luar secara real
time.
Social
Networking Tools
Alat Enterprise Social Networking memberi sarana
untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai jabatan dan divisi di perusahaan
Anda setiap saat tanpa batasan.
Communication
Tools
Alat komunikasi E-Projects menghubungkan semua pihak
dan bagian dalam perusahaan Anda yang terlibat dalam berbagai proyek melalui
komunikasi audio dan video. Dirancang untuk mengurangi kesalahan pemberian
informasi, alat komunikasi e-Project ini
memungkinkan semua pihak untuk berbagi gagasan secara real time.
- e-Official Memo : e-Official Memo memberi suatu sistem untuk melakukan otomasi seluruh proses penulisan surat dan memo, pemberkasan, dan pemantauan dalam organisasi.
Fitur
e-Official Memo :
Outgoing Mail module
Membantu menyusun naskah, merevisi dan menyetujui
versi terakhir suatu surat hingga pemberian nomor, pengiriman dan pemberkasan
surat dalam waktu kurang dari 5 menit.
Incoming Mail and Disposition module
Membantu menangani sura-surat masuk dan keluar
dengan secara otomatis melakukan pemberkasan atas surat surat yang masuk dan
keluar ke dalam folder yang sesuai.
Archive and Agenda module
Memberi sebuah kabinet penyimpanan berkas elektronik
yang membantu dalam menyimpan surat sesuai dengan kategorinya.
Secretary/Personal Assistance Module
Membantu me-review surat-surat yang masuk.
Delegation module
Membantu mengirimkan surat ke orang-orang yang
bertanggung jawab ketika berada di luar
kantor.
- M-Forces : Sistem Sales Force Automation (SFA), yang menggunakan perangkat mobile di Cloud.
Fitur M-Forces :
Mobile Task Assignment
Memberikan tugas dan arahan secara instan kepada
pegawai di lapangan, M-Force adalah alat pemasaran, penjualan dan distribusi
yang hebat, yang mampu melancarkan pemantauan atas pegawai yang bergerak di lapangan dan membantu
distribusi dan perintah pengiriman.
Route Management
Berfungsi sebagai pemandu untuk pegawai Anda yang
bergerak di lapangan dalam menentukan arah kendaraan dan memberikan saran
mengenai perjalanan.
Route Tracking
Memberikan informasi kepada manajemen mengenai
pergerakan para pegawai di lapangan.
Data Management
Menyuguhkan data yang dibutuhkan oleh pegawai yang
bergerak di manapun, misalnya mengenai informasi tentang mitra dan pelanggan,
atau informasi tentang penyimpanan dan pendistribusian.
Information Tools
Memberi informasi yang cepat kepada pegawai di
lapangan antara lain tentang keadaan lalu-lintas, transaksi, produk, yang
semuanya dapat dibagikan dan dikolaborasikan di antara pegawai yang berada di lapangan.
Reporting Tools & Business
Intelligent
Memberikan intelijen tentang kegiatan bisnis yang
dilakukan oleh pegawai di lapangan, yang dapat digunakan sebagai pelaporan dan
analisa informasi untuk manajemen.
- e-Collaboration : Perusahaan dan Pegawai ingin bekerja di manapun, kapanpun dan pada perangkat apapun. Memungkinkan kolaborasi untuk penuntasan pekerjaan
Paket
yang ditawarkan Telkomcloud :
Paket Communication dan Collaboration :
merupakan Solusi komunikasi terintegrasi yang menggabungkan
antara Email, Chatting, Video Conference, VoIP, Audio Conference dan Sharing
Desktop serta portal dokumen dengan metode pembayaran perbulan tanpa
memerlukan investasi baik dari sisi hardware server dan lisensi. Broadband + Exchange + OCS, sebuah bentuk SaaS yang
memberikan fitur teknologi microsoft united communication tanpa harus di
install. Hosted OCS menawarkan : instant messaging dan presence, email dan
united messaging, peer-to-peer voice dan video, desktop sharing di microsoft
office, communication 207 R2, web-based IM, email, presence dan desktop
sharing.
Fitur e-collaboration
Paket Layanan TelkomCollaboration
•
Data Center :
Gubeng Surabaya (Telkom Data Center)
•
Jaringan IIX
dan Internasional 100 Mbps (shared)
•
Hardware Server
:
• HP Blade Server C7000 Telco Grade
• HP BL460 & BL680 (Dual Processor 4 Core & Quad Processor 4 Core)
• Hitachi SAN Disk
Macam –macam teknologi TelkomCloud :
- Window Server 2008 R2
- Microsoft Exchange Server
- Microsoft Forefront
- Microsoft SQLServer
- Microsoft share point
- Microsoft communication server2007 R2
- Microsoft v-hyper server
• Teknologi SSL (Secure Socket Layer)
dengan digital certificate resmi “Digicert” 256 bit (dikenal secara
default oleh Browser).
• Microsoft Server Firewall 2008
• MS Forefront Threat Management
gateway 2010
• MS Forefront Anti Spam 2010
• MS Forefront Anti Virus 2010
• Konfigurasi dua area: Internal dan
DMZ (Demiliterized Zone) yang memisahkan data secara internal dengan akses only
melalui firewall
Tugas Kelompok 5 :
Zandri Gusti Fandra (C1C015010)
Dita Rochmawati N. (C1C015049)
Pamelia Nafisah (C1C015058)
Grahfita Rahma A. (C1C015061)
Ligasuper88 Pusat Taruhan Online Terpercaya!!
BalasHapusPromo Spesial :
» New Member Sportsbook 30%
» New Member Live Casino 30%
» New Member Slot Online 50%
» Cashback Sportsbook 10%
» Rollingan Live Casino 1%
» Rollingan Slot Online 1%
» Bonus Referal 2%
Permainan Tersedia :
» Sbobet Sportsbook
» Sbobet Casino
» Sbobet Toto Draw
» Ibcbet/Maxbet
» Sabung Ayam
» Tembak Ikan
» Slot Pragmatic Play
» Slot Habanero
» Slot Spadegaming
» Slot Joker
» Slot Microgaming
» Slot Toptrend
» WM Casino
» Sexy Bacccarat
» Ebet Casino
Support Bank Ligasuper88 :
BCA >MANDIRI >DANA >BNI >BRI > GO PAY > OVO > PANIN > ATM BERSAMA
Daftar & Jutawan Sekarang Juga !
Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :
» Whatsaap 1 : +85561375501
» Whatsaap 2 : 081315849567
» Line : Ligasuper88
» Link 1 : www.ligasuper88.org
» Link 2 : www.impiansukses.com