Langsung ke konten utama
Tujuan dari siklus pengeluaran adalah mengkonversi kas organisasi ke bahan fisik dan sumber daya manusia yang dibutuhkan yang berkonsentrasi pada sistem dan prosedur untuk memperoleh bahan baku dan barang jadi dengan 2 fase : (1) tahap fisik, dan (2) tahap keuangan. Siklus pengeluaran ini dibentuk oleh 2 subsistem : (1) subsistem pembelian (2) subsistem pengeluaran kas.
Sistem Konseptual Pembelian dan Aktivitas Pengeluaran Kas
Prosedur Proses Pembelian
Prosedur ini berbeda untuk perusahaan manufaktur dan ritel dan disajikan dalam DFD
1)      Monitor catatan persediaan : Terkait dengan permintaan pembelianuntuk setiap item persediaan sesuai kebutuhan kemudian digabungkan menjadi pesanan pembelian tunggal
2)      Menyiapkan pesanan pembelian : Fungsinya untuk menerima permintaan pembelian dan meyiapkan pesanan atas permintaan pembelian.
3)      Menerima barang : Penerimaan persediaan dimana barang tiba (dengan blind copy)yang harus dihitung dan diperiksa sebelum menyelesaikan laporan penerimaan.
4)      Memperbaharui catatan persediaan :Tergantung pada metode penilaian persediaan yaitu  a)  sistem biaya standar b)  biaya aktual
5)      Set up hutang :setelah menerima persediaan  dan telah ada kewajiban untuk membayar barang maka ketika faktur tiba, dilakukan rekonsiliasi informasi keuangan dengan laporan penerimaan dan pesanan pembelian dalam file tertunda, kemudian pencatatan di jurnal pembelian dan hutang tergantung metode yang dipakai perpetual atau periodik.
Sistem Voucher Utang
·         Sebuah alternatif untuk prosedur AP
·         Menggunakan voucher pengeluaran kas : Voucher memberikan kontrol  atas pengeluaran kas dan mengurangi jumlah cek yang ditulis untuk pembayaran
·         Setiap voucher dicatat dalam voucher daftar
·         Posting ke buku besar : terkait persediaan dan rekening kontrol voucher.Pada tahap ini, pembelian dari siklus pengeluaran selesai.
Sistem Pencairan Kas
Sistem pengeluaran kas memproses pembayaran kewajiban dalam sistem pembelian. Tujuannya memastikan bahwa hanya kreditor valid menerima pembayaran dan jumlah yang dibayarkan tepat waktu dan benar. Tahapnya :
·         Mengidentifikasi kewajiban jatuh tempo : bagian hutang mengidentifikasi kewajiban jatuh tempo lalu mengirimkan persetujuan pembayaran dalam bentuk paket voucher ke bagian pencairan kas
·         Menyiapkan pencairan kas : bagian pengeluaran kas mengecek kelengkapan dan akurasi paket voucher dan mempersiapkan cek dan data terkait lainnya dalam daftar cek, yang juga disebut jurnal pengeluaran kas
·         Update catatan hutang
·         Posting ke buku besar : pencatatan jurnal voucher dari pengeluaran kas dan ringkasan akun hutang
Kontrol Siklus Pengeluaran
Aktivitas Kontrol
Sistem Pembelian
Sistem Pencairan Kas
Otorisasi Transaksi
Kontrol persediaan
Perizinan pembayaran hutang
Pemisahan tugas
kontrol persediaan terpisah dari pembelian dan tahanan persediaan. buku besar pembantu hutang terpisah dari buku besar.
Memisahkan fungsi buku besar pembantu Hutang, pengeluaran kas, dan buku besar.
Supervisi
Area penerimaan

Catatan Akuntansi
buku besar pembantu hutang, buku besar, berkas pembelian permintaan, pembelian
memesan berkas, menerima berkas laporan.
Voucher berkas hutang, Hutang buku besar pembantu, kas pengeluaran jurnal, buku besar rekening kas umum.
Akses
Akses langsung
Keamanan aset fisik(persediaan dan kas). Membatasi akses ke catatan akuntansi.
Akses tidak langsung
Keamanan yang tepat atas uang tunai. Membatasi akses ke catatan akuntansi
Verifikasi independen
Verifikasi independen dengan hutang
Hutang merekonsiliasi dokumen sumber sebelum kewajiban dicatat. Jurnal umum
merekonsiliasi akurasi keseluruhan proses.
Verifikasi independen dengan buku besar
Tinjauan akhir oleh pengeluaran kas. Secara keseluruhan rekonsiliasi dengan buku besar. rekonsiliasi bank secara periodik oleh kontroler

SISTEM FISIK
Pada bagian ini kita akan mengkaji sistem fisik dimulai dengan ulasan prosedur manual dan kemudian
 bergerak untuk menangani beberapa bentuk sistem berbasis komputer.
 
SISTEM MANUAL
Tujuan dari bagian ini adalah untuk mendukung pengobatan konseptual sistem yang disajikan dalam 
sebelumnya.
 

SISTEM PENGELUARAN KAS
 



PENGELUARAN KAS PROSEDUR
 

IMPLIKASI KONTROL 
Masalah-masalah pengendalian umum berhubungan juga dengan siklus pengeluaran dan tidak ditinjau 
kembali sini. Perbedaan antarasistem otomatis dan sistem direkayasa ulang. 
Sistem Otomatis 
1.      Peningkatan pengendalian persediaan.
2.      Manajemen kas lebih baik. 
3.      Jeda waktu. Tergantung pada jenis sistem order penjualan di tempat, jeda ini mungkin negatif
 mempengaruhi proses penjualan. 
4.      Pembelian. Dalam sistem otomatis ini, departemen pembelian langsung terlibat dalam semua 
keputusan pembelian
5.      Dokumen paper berlebihan. Dokumen kertas menambah biaya karena mereka harus dibeli,
 disimpan, disiapkan, ditangani oleh operator surat internal, dan diubah oleh tenaga pengolahan data.
Sistem rekayasa ulang 
1.      Menggunakan prosedur aktual dan langsungmengakses file untuk mempersingkat jeda waktu 
dalam pencatatan.
2.      Menghilangkan prosedur administrasi rutin dengan membagikanterminal ke daerah pengguna.
3.      Pengurangan yang signifikan dalam dokumen kertas dengan menggunakankomunikasi digital 
antara departemen dan oleh catatan menyimpan digital. Ini perbaikan operasional,
Namun, memiliki implikasi kontrol berikut
Ø  Pemisahan tugas.Sistem ini menghilangkan pemisahan fisik antara otorisasi dan proses transaksi.

Ø  Records akuntansi dan Kontrol akses. Sistem ini menghilangkan pemisahan fisik antara otorisasi
 dan proses transaksi.

Komentar


  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin pengeluaran, ternyata ada loh beberapa jenis pengeluaran yang sangat buruk bagi generasi milenial. Cek di sini ya: 3 Pengeluaran bodoh ini bikin milenial susah kaya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN : CHAPTER 5

INFRASTRUKTUR TI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI v   INFRASTRUKTUR TI Infrastruktur teknologi informasi (TI) didefinisikan sebagai berbagai sumber daya teknologi yang menyediakan platform bagi aplikasi (penerapan) system informasi spesifik bagi perusahaan. Infrastruktur dalam TI meliputi investasi dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan seperti konsultasi, pendidikan, dan pelatihan dalam perusahaan. Infrastruktur TI juga merupakan rangkaian dari layanan keseluruhan perusahaan yang dianggarkan oleh manajemen serta terdiri atas kapabilitas manusia dan teknis. Hubungan diantara Perusahaan, Infrastruktur TI,dan Kapabilitas Bisnis “Layanan perusahaan merupakan kemampuan untuk menyediakan kepada pelanggan, pemasok dan juga karyawan yang memiliki fungsi secara langsung terhadap infrastruktur TI nya yang mendukung bisnis dan strategi sistem informasi perusahaan” ·       Jasa telekomunikasi menyediakan konektivitas data, suara, dan video kepada karyawan, pelanggan

PERBEDAAN GENERAL CONTROL VS APPLICATION CONTROL

1.        Pengendalian Aplikasi Pengendalian aplikasi (application controls) adalah sistem pengendalian intern komputer yang berkaitan dengan pekerjaan atau kegiatan tertentu yang telah ditentukan (setiap aplikasi berbeda karateristik dan kebutuhan pengendaliannya).  Pengendalian aplikasi atau application control adalah pengendalian dalam hal pekerjaan pekerjaan yang dilakukan dalam suatu proses pengolahan data sehingga akan berhubungan dengan ketelitian dan kelengkapan data yang di proses melalui aplikasi tertentu (Mulyadi 2001) Misalnya komputerisasi kepegawaian tentu berbeda resiko dan kebutuhan pengendaliannya dengan sistem komputerisasi penjualan, apalagi bila sistem penjualan tersebut didesain web-based atau E-Commerce. Tujuan pengendalian aplikasi dimaksudkan untuk memastikan bahwa data di-input secara benar ke dalam aplikasi, diproses secara benar, dan terdapat pengendalian yang memadai atas output yang dihasilkan. Pengendalian Aplikasi Terdiri Dari : 1.)   

Perbedaan Financial Statement dan Financial Report

v   Perbedaan Financial Statement dan Financial Report             Di dunia akuntansi ada istilah Financial Report (Pelaporan Keuangan) dan Financial Statement (Laporan Keuangan). Meskipun dari segi kata tidak jauh beda namun ternyata kedua istilah tersebut berbeda dalam penggunaanya. Adapun perbedaan dari Financial Report (Pelaporan Keuangan) dan Financial Statement (Laporan Keuangan) adalah sebagai berikut :       Financial Statement Mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu perusahaan sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut. Dimana kondisi keuangan suatu perusahaan tercermin dalam laporan keuangannya. Financial statement (laporan keuangan) merupakan o utput dari akuntansi. ü   Pengertian Financial Statement ( Laporan Keuangan) Laporan keuangan adalah ringkasan dari proses akutansi selama tahun buku  yang bersangkutan yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan den